Rabu, 06 Juni 2012

cara konfigurasi dengan banyak router (chapter 5)

Pada pertemuan kali ini di chapter 5, saya akan berbagi informasi yang didapat dari bangu perkuliahan dengan matkul PAJK (Pengantar Aplikasi Jringan Komputer). pada pembahasan kali iniakan membasa cara mengkonfigurasi banyak router dengan memakai packet tracer. ok langsung ke tkp berikutstep by stepnya : selamat menyimak gan :D
PERTAMA : buka aplikasi packet tracenya .... jagn buka yang lain :D
KEDUA :  buatlah sebuah router di packet tracer sebanyak 3 buah router, kemudian 4 switch dan 8 buah pc/komputer. setelah semuanya siap selanjutnya kita hubungkan perangat yang telah disiapkan tadi dengan cara menggunakan kabel yang sesuai dengan perangkatnya agar bisa terhubung / nyambung. pada router kita gunakan kabel dengan type serila, untuk menghubungkan switch ke router kita gunakan kabel dengan type straight begitu juga untuk switch ke Kompute menggunakan kabel dengan type straight. berikut ini gambar yang sudah terseting di packet tracer (check this out):


KETIGA : tahap berikutnya, kita konfigurasi terlebih dahulu di PC. Berikut konfigurasi pada masing-masing PC, mohon disimak gan :D : 
konfigurasi masing-masing PC nya :

       KEEMPAT : Langkah selanjutnya agan lakukan konfigurasi pada masing-masing Router.
Berikut konfigurasinya:
       KELIMA : kemudian 1x lagi lakukan konfigurasi Routing. Disini konfigurasinya menggunakan static routing.
Berikut konfigurasinya:

  KEENAM : Konfigurasi seluruh perangkat telah selesai dilakukan, berikutnya kita lakukan test semua perangkat sudah saling tersambung dengan baik atau belum. kita lakukan example di PC dengan menjalankan perintah ping di Command Prompt. Ketikan ping 10.1.3.2 (menuju PC7) 
berikut hasil screenshootnya :



selamat mencoba, semoga bermanfaat :D














0 comments:

Posting Komentar