Rabu, 28 Maret 2012

MEMBUAT MIKROTIK DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX

 Pada postingan blog saya kali ini adalah mengenai mikrotik. Dimana di pertemuan ke 2 chapter2 kali ini akan membahas membuat mikrotik dengan menggunakan virtual box. Namun sebelum membuat mikrotik, terlebih dahulu kita harus mengistal terlebih dahulu virtual boxnya sesuai dengan judul diatas menggunakan virtual box. Untuk tahapan-tahapan cara menginstal virtual box sudah saya postingkan di pertemuan ke 2 chapter1. Selengkapnya cek TKP :D

Langsung saja, untuk membuat mikrotik dengan virtual box langkah-langkah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah :
·         -Virtual box-4.1.8-75467-win
·         - Mikrotik all in one with crack-2.X
·         - Winbox-2.2.13
Berikut tahapan-tahapannya :
1. Sudah terinstal virtual box.
2. Jalankan virtual box yang sudah di install, kemudian buat mesin baru di virtual box tersebut dengan mengklik file-new.
3. Kemudian akan tampil kotak dialog berikut :
Klik next untuk langkah selanjutnya.
4. ketik nama mesin yang akan dibuat pada dialog yang muncul. Misalnya saya ketikan dengan nama mesin mikrotik. untuk Operating System pilih Other, dan untuk version pilih Other/unknown. Beikut kotak dialognya:
Jika sudah di isi, selanjutnya klik next untuk ke proses selanjutnya.
5. pada kotak dialog ini menampilkan jumlah memori yang akan digunakan di mesin virtual box. Jumlah memori dari 4mb-1024mb. Kita isikan dengan jumlah memori sebesar 84mb. Kemudian klik next.
6. centang star-up disk kemudian pilih create new hardisk kemudian klik next untuk berlanjut ke proses selanjutnya.
7. pada kotak dialog ini ada 4 pilihan. Kita klikk dan pilih VDI(Virtual Disk Image).
Kemudiaan klik next
8. pada kotak dialog virtual disk storage detail, kita pilih dynamically allocated kemudian klik next.
9. pada kotak dialog ini menampilkan virtual disk file location and size. Kta klik next saja untuk lanjut ke proses berikutnya.
10. berikutnya klik create.
Dan proses membuat mesin baru di virtual box selesai. :D

11.   yang harus dilakukan untuk menjalankan mikrotik di virtuak box adalah kita terlebih dahulu membooting file mikrotiknya dengan cara klik setting di virtual boxnya, kemudian akan muncul kotak dialog setting dan pilih storageàdi storage tree klik bergambar CDàdi atribut klik icon CDàklik choose A virtual CD/DVD disk fileàpilih file mentah mikrotik àklik openàOK.
12. klik mulai untuk menjalankan mikrotiknya. :D













2 comments: